Isitilah internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking. Secara sederhana, internet bisa diartikan sebagai a global network of computer network. Jaringan internet sukses dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US Department of Defense dalam proyek ARPANet (Advanced Research Projects Network). Semenjak itu internet berkembang sangat pesat. Salah satu faktor yang berkonstribusi pada menjamurnya pemakaian internet di seluruh belahan dunia adalah perkembangan WWW (World Wide Web) yang dirancang oleh Tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN (Conseil European pour la Recherche Nucleaire) di Jenewa (Swiss) tahun 1991. Selain itu, faktor pendorong revolusi internet adalah daya tarik utama internet yang meliputi communcation, information retrieval dan information search.
Kemudahan penggunaan internet karena pada dasarnya internet merupakan suatu infrastruktur komunikasi yang tidak menjadi property suatu pihak tertentu. Tidak ada badan pemerintah atau perusahaan komersil yang memiliki sistem tersebut, hanya diperlukan beberapa peraturan untuk pengelolaan informasinya. Produk-produk internet ada beragam seperti : e-mail, FTP (file transfer protocol), search engine, chatting room dan WWW.
WWW (Web) adalah salah satu aplikasi yang paling menarik dan banyak digunakan di internet. Aplikasi ini kadang disebut “The killer application” atau “The world is in your fingertip” karena sedemikian mudahnya kita dapat mendapatkan informasi tidak hanya teks tetapi gambar maupun format multimedia lainnya.
Informasi yang diletakkan di WWW disebut “Home Page” dan setiap homepage mempunyai alamat masing-masing. Untuk dapat menarik perhatian user sehingga homepage dapat sering dikunjungi, maka kita harus membuat desain semenarik mungkin dan banyak informasi yang jelas.
Dari segi isi, web dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti website pemerintahan, website bisnis, website berita, website organisasi non-profit serta website jejaring sosial –yang kini sedang sangat populer-. Salah satu website berita adalah kompas.com. Di website ini kita dapat melihat berita terbaru yang dikategorikan kedalam beberapa jenis seperti national, international, regional, bisnis dan keuangan dan lain-lain. Pembuatan website kompas.com tentu untuk tujuan tertentu yaitu untuk meningkatkan citra Kompas akan sebuah media massa yang selalu menampilkan berita terbaru. Melaui website Kompas dapat mengisi kelemahan yang terdapat pada media cetak. Harian Kompas terbit setiap hari dan berita-berita yang terdapat didalamnya merupakan berita sehari yang lalu. Ketika harian Kompas telah terbit –biasanya pada pagi hari- yang siangnya ada kejadian yang menarik, maka berita itu akan masuk pada harian Kompas selanjutnya.
Nah, kelemahan itulah yang coba untuk dilengkapi oleh website Kompas. Kandungan berita website Kompas dapat di-update kapan saja. Tidak terikat oleh waktu terbit. Ketika ada fenomena yang menarik untuk diberitakan, maka sang admin –orang yang bertanggung jawab terhadap website- dapat langsung memasukkannya untuk menjadi sebuah berita, tentu saja dengan restu editor. Dengan fungsi seperti ini, website berita yang diluncurkan oleh Kompas memiliki bargaining position yang cukup penting sebagai sebuah layanan berita yang selalu di-update 24jam.
Website juga dapat dipergunakan sebagai media promosi. Banyak perusahaan manufaktur yang membuat website untuk mempromosikan perusahaan mereka. Biasanaya website seperti ini memiliki kandungan yang sifatnya memperkenalkan (introducing) misalnya profil lembaga, alamat, serta produk yang ditawarkan. Contoh website ini adalah website yang dimiliki oleh PT. Astra Honda Motor yang memiliki kandungan profil, berita, safety riding, produk, jaringan, info konsumen, komunitas honda dan info karir. Dengan keberadaan website ini tentu saja Honda berharap untuk meningkatkan citra serta meningkatkan penjualan. Melalui website ini (www.astra-honda.com) pengunjung dapat melihat produk motor yang diproduksi oleh Honda. Dengan kemudahan melihat produk Honda melalui website, diharapkan pengunjung website akan tertarik dan kemudian membeli produk Honda.
Website dapat dikatakan sebagai produk utama dari internet karena website dapat “menampung” produk lain dari internet. Produk search engine berada di website dengan alamat www.google.com. E-mail juga dapat ditampung di alamat website tertentu seperti fasilitas e-mail yang disediakan oleh Yahoo!. Untuk menikmati fasilitas tersebut kita harus mengunjungi website Yahoo! dengan alamat www.yahoo.com.
Selasa, 15 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar